Karena Pada Akhirnya Lelaki Akan Jadi Ba- 'Pak'

Selasa, 17 Juli 2018

12 Kiat Untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Produktif

12 Kiat Untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Produktif


1. Jangan katakan nanti atau besok, untuk menunda pekerjaan atau perbuatan untuk suatu hal yang baik.

Jangan membiasakan diri untuk berkata nanti atau besok denggan maksud untuk mementingkan kepentningan pribadi diatas kepentingan yang merupakan kewajiban.



2. Jangan melihat kesulitan pekerjaan agan

Kalo lihat sulitnya doang, agan malah akan jadi males dan stress. Kalo udah stress agan jadi ga fokus. Kerjain aja, tanpa banyak berpikir tapi tetap fokus dengan apa yang ada di depan mata.

3. Buat to do list

Seringkali orang meremehkan hal ini. To do list itu penting banget gan, supaya agan ga lupa dan bisa ngerjain tugas agan per tahap. Disini agan bisa atur, tugas yang paling gampang dan cepat dikerjakan ditaruh di nomer satu. Dengan adanya to do list ini agan juga bisa atur ulang, kalo-kalo tugas lainnya jadi prioritas utama hari itu. Kerjain berurutan dari yang paling atas ke bawah.

4. Pecah tugas agan menjadi beberapa bagian

Nah kalo ibaratnya to do list itu untuk seharian penuh, agan pecah lagi per tugasnya menjadi beberapa bagian. Misalnya pagi agan punya tugas A, pecah jadi A1, A2, A3 dan seterusnya. Sama seperti to do list, kerjakan berurutan dari atas ke bawah.
Waktu makan siang udah dekat dan agan udah sampai tahap A2, stop dulu. Lanjutkan A3 setelah makan siang. Dengan begini agan punya patokan dan waktu ngelanjutin agan ga bingung agan udah sampai mana ngerjainnya.

5. Tutup semua pengganggu disekitar agan

Stretching, cuci mata, keluar liat pemandangan atau apalah. Apalagi kalo agan kerja di depan komputer. Inget gan 8 jam per hari mantengin monitor. Sekali-sekali keluar liat alam biar mata agan ga rusak. Khususnya jam makan siang.


7. Istirahat "mikro"

Ada hubungannya sama no. 4 gan. Kalo agan selesai misalnya A2, bangun dari kursi, stretching, ajak ngobrol rekan kerja yang lagi nganggur sebentar. Ato godain cewek yang baru masuk kantor agan. Buat ngilangin penat. 5-10 menit lah. Tapi jangan keseringan aja gan apalagi kalo bos agan lagi patroli.


8. SELALU buat catatan

Dari to do list sampai note meeting, catat semuanya supaya ga lupa. Walau agan udah tau, tapi ga ada salahnya berjaga-jaga, supaya agan ga lupa, dan malah membuat kesalahan di tengah jalan, apalagi kalo sampe disuruh ulang berabe gan. Namanya juga manusia gan. Catatan bakal membantu agan meminimalisirnya.


9. Jangan takut meminta tolong

Ini yang sering ditemui di tempat kerja gan. Kalo memang perlu bantuan minta aja ke rekan agan. Kalo ada yang ga jelas, minta senior agan jelasin atau ajarin. Kalo menurut agan sampai waktu deadline ga kekejar, minta tolong rekan agan.

Ga usah malu-malu. Daripada agan ngotot jalan sendiri, tapi agan ga mampu selesaiin, yang kena satu kantor gan.


10 . Jangan takut mengatakan TIDAK

Sebaliknya dari no 9 ini saling menolong itu baik, tapi jangan sampe dimanfaatkan orang lain. Pinter-pinter liat situasi dan kondisi, kalo agan sendiri lagi dalam keadaan sibuk, terus rekan agan minta tolong, tegas aja bilang TIDAK. Karena kalo agan ngotot nolongin sedangkan kerjaan agan sendiri belon beres, yang ada agan malah gali lubang sendiri.


Sama juga halnya kalo bos minta agan ngerjain tambahan. Agan punya hak bilang engga. Jangan sampai hal penting di kehidupan pribadi agan sampe rusak cuma gara-gara atasan di tempat kerja agan.


11. Pulang tepat waktu

Banyak orang kira ngelembur itu efektif. Benernya malah kebalikannya gan. Kalo udah cape ya udahan. Kalo udah cape dipaksain malah kemungkinan bikin kesalahan tambah besar, soalnya udah ga konsen. Baik lanjutkan besok pagi.


Kalo emang takut ga nyempet, ya dateng pagian jauh lebih mending gan dibandingkan begadang di kantor. Kalo kantor agan sering nyuruh agan ngelembur, itu namanya udah mismanagement gan. Waktunya cari kantor lain. Agan kerja buat hidup, bukans sebaliknya.


12. Tidur yang cukup

Supaya bangunnya bisa pagi, seger, ga cape dan semua penat hilang. Kalo tidur agan ga cukup, besoknya ngantuk, kerja ga fokus mata juga burem, gimana bisa selesai kerjaan agan?
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog Archive

Mengenai Saya

Saya memiliki blog yang bernama pas gabut saya isi ketika gabut dan linknya di Pas Gabut